Beranda Daerah Bintan

Bangun Program Gerbang Kampung, Setiap RW di Bintan Bakal Diberi Rp 50 Juta

0
Kepala Dinas PMDes Kabupaten Bintan, Ronny Kartika-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Kabupaten Bintan, akan merealisasikan program gerbang kampung kepala daerah, mulai dari tingkat RW di desa/kelurahan. Demikian ditegaskan Kepala Dinas PMDes Bintan, Ronny Kartika.

Menurut Ronny, tingkat RW atau Rukun Warga ini, merupakan basis untuk pemulihan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan desa. Artinya, program membangun kampung itu sangat cocok dimulai dari Desa.

“Tahun ini, setiap RW akan mendapatkan kucuran dana Rp 50 juta untuk melaksanakan program gerbang kampung berazaskan kesejahteraan,” jelasnya.

Untuk merealisasikan program gerbang kampung itu, kata Ronny, ada 10 program gagasan yang akan dilaksanakan oleh para RW.

Di antaranya kata Ronny, yakni kampung bina sehat, bina infrastruktur, bina ekonomi, bina pertanian, bina pariwisata, bina perikanan, bina aman damai, bina budaya dan olahraga, bina religi hingga bina kesejahteraan keluarga.

“Konsep tersebut disebut Dasa Bina Desa. Dasa yang artinya sepuluh dalam bahasa sansekerta atau sepuluh program pembinaan desa,” terangnya

Lanjut Ronny mengatakan, masing-masing desa dari tingkat RW memiliki kebutuhan potensi yang beragam. Pada prinsipnya, pemerintah daerah selalu hadir untuk melakukan pemberdayaan serta pendampingan program.

Ronny mengatakan, munculnya program bina itu atas pesan khusus dari Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan. Kepala daerah menginginkan program gerbang kampung harus berdayakan masyarakat.

Sehingga, berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat. Pada akhirnya, memberikan manfaat yang berkelanjutan pada warga ke depannya.

“Dalam beberapa kesempatan saat ngobrol santai bersama forum RT/RW, banyak gagasan yang sudah tergambar untuk dilakukan di setiap lingkup RW nya. Sehingga, muncul lah konsep bina itu,” imbuhnya. (rul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini