Beranda Headline

Bamsoet Targetkan Bintan International Circuit Langsung Dapat Sertifikasi Grade One

0
Desain Bintan International Circuit yang ditampilkan saat MoU antara IMI dan Gallant Venture Pte Ltd pada, Kamis (17/3/2022) lalu-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyampaikan, Bintan International Circuit (BIC) ditargetkan segera mendapatkan sertifikasi Grade One, dari Fédération Internationale de l’Automobile (FIA).

Sehingga, sambung Ketua MPR RI, sirkuit yang dibangun di kawasan pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan itu bisa menyelenggarakan Formula 1.

“Nanti BIC bisa jadi pelengkap sirkuit di Indonesia. Karena di Mandalika juga telah mendapatkan sertifikasi Grade A dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) untuk MotoGP,” katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi hariankepri.com, Senin (28/3/2022).

Bambang menegaskan, dengan demikian Indonesia bisa menyelenggarakan dua olahraga balap kasta tertinggi di dunia. Balap mobil Formula 1 di BIC, sementara untuk MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika.

“Khusus untuk persiapan Formula 1, Badan Pembina IMI Pusat Pak Tinton Soeprapto sudah mulai membangun komunikasi dengan FIA dan juga Formula One Group sebagai promotor Formula 1,” jelas pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, nantinya keberadaan BIC tidak akan menjadi saingan bagi Singapura yang rutin menyelenggarakan Formula 1.

Karena, Gallant Venture Pte LTD dan IMI bisa bekerja sama dengan Singapura agar ke depan, Formula 1 bisa diselenggarakan di Bintan.

“Sehingga Singapura tidak perlu lagi menutup jalan raya, mall, dan toko-toko dengan biaya kompensasi yang sangat besar untuk menyelenggarakan Formula 1. Cukup diselenggarakan di Bintan International Circuit, baik Indonesia dan Singapura sama-sama akan diuntungkan,” paparnya.

Sejauh ini sambungnya, Director Populous Andrew James, sedang mempersiapkan Detail Engineering Design (DED) landscape pembangunan BIC di kawasan pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan.

Selain itu, juga sedang dipersiapkan ekosistem usaha di kawasan BIC agar bisa memberikan multiplier effect ekonomi yang besar bagi masyarakat Kepulauan Riau dan Indonesia pada umumnya.

“Seluruh DED tersebut, ditargetkan sudah akan rampung pada 20 April 2022 mendatang,” tegasnya.

Sebagai informasi, sertifikasi Grade One adalah sertifikasi keselamatan tertinggi, yang diberikan oleh asosiasi olahraga motor, dan memungkinkan BIC menjadi tuan rumah balapan Formula 1 di waktu yang akan datang.

Sirkuit lisensi Grade One menawarkan fasilitas superior dan ukuran keamanan terbaik untuk acara F1. Banyak sirkuit terkenal di kalender Formula 1, seperti Australia, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Monako, Belgia, Jepang, Amerika Serikat (AS), Kanada, Inggris, dan Abu Dhabi Grand Prix memiliki lisensi Grade 1.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini