Beranda Ragam Gallery

Bahas Pemulangan WNI, Isdianto Rapat FKPD dan Video Conference dengan Menteri

0

TANJUNGPINANG (HAKA) – Plt Gubernur Kepri, Isdianto menegaskan, jika saat ini beberapa pintu masuk atau pelabuhan yang ada di Kepauan Riau, sedang banyak-banyaknya menerima kepulangan Warga Negara Indonesia(WNI) dari Malaysia dan Sigapura.

Jumlahnya pun tidak tanggung-tanggung. Yakni mencapai 3.000 orang WNI per harinya. Dan hal ini, kata Isdianto, akan berlanjut terus.

Sehingga dikhawatirkan akan berdampak yang kurang baik bagi masyarakat Kepri sendiri. Masyarakat menjadi resah dan sebagainya, apalagi di tengah krisis Covid-19 ini.

“Melihat kondisi ini kami minta kepada seluruh gubernur se-Indonesia, agar tidak melakukan lockdown di daerahnya. Karena ada orang-orangnya di Kepri. Kalau lockdown dilakukan dikhawatirkan masyarakatnya akan numpuk di Kepri,” kata Isdianto saat menghadiri rapat koordinasi melalui video conference yang dilaksanakan, Minggu (29/3/2020)

Rapat ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dengan agenda Rapat Koordinasi terkait Kewajiban Karantina Arus Balik Pekerja Migran Indonesia.

Beberapa hari sebelumnya, tepatnya Kamis (26/3/2020), Isdianto juga memimpin rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kepri, membahas persoalan pemulangan WNI ataupun TKI tersebut.

Menurut Isdianto, Pemprov tak ingin ada penumpukan massa dalam jumlah besar, ditambah keterbatasan daerah dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Sudah mulai ada yang dipulangkan. Saya pun sudah berkoordinasi dengan Kemendagri dan Konsulat Jendral RI di Johor Baru. Semua kendala pemulangan mulai teratasi,” kata Isdianto saat memimpin rapat terbatas di Graha Kepri, Batam.

Kata Isdianto, kemendagri juga sudah berkomunikasi ke Gubernur Riau, agar membuka kembali jalur laut dari Kepri.

Karena, jika pelabuhan untuk ke Dumai, Bengkalis sudah dibuka, pemulangan secepatnya dilakukan.

“Kita akan cocokkan kedatangan TKI dari luar negeri dan kepulangan langsung ke daerah asal mereka,” kata Isdianto.

Dalam rapat terbatas ini, hadir Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wakapolda Kepri Brigjend Pol Yan Fitri, Danrem 033 WP Brigjend Gabriel Lema, Ketua Tim Gugus Tugas Covid19 Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah, dan beberapa pejabat lainnya. (red/humas pemprov)

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here