Beranda Headline

Ansar Beberkan Program Penggerak Ekonomi di Tahun 2022, Salah Satunya Ekraf

0
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, membeberkan sejumlah program strategis, untuk menggerakkan perekonomian masyarakat sekaligus untuk menjaga tren pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 ini.

Sejumlah program strategis itu yakni, kegiatan produksi pertanian dan perikanan, kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf), dan UMKM.

“Serta tidak kalah pentingnya, yakni program peningkatan aksesibilitas teknologi informasi dan komunikasi,” katanya, Selasa (8/2/2022).

Selain itu lanjutnya, Pemprov Kepri juga akan terus melakukan promosi serta pengembangan kawasan-kawasan unggulan di Kepri dengan skema Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maupun Free Trade Zone (FTZ).

“Hal ini sebagai strategi kolektif dalam merealisasikan target-target dalam agenda pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Orang nomor satu di Provinsi Kepri ini menegaskan, momentum pemulihan ekonomi Kepri yang telah ditandai dengan kenaikan pertumbuhan di tahun 2021 juga perlu terus dijaga bersama-sama.

“Untuk menjaga ini perlu adanya sinergitas antar pemerintah, dunia usaha, industri, kalangan profesi dan berbagai unsur masyarakat lainnya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri secara kumulatif sepanjang tahun 2021 sebesar tahun 2021 sebesar 3,43 persen. Angka itu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Menurut BPS Kepri, perekonomian Kepri yang tumbuh positif sepanjang 2021 itu, dipengaruhi oleh beberapa fenomena, seperti, adanya peningkatan ekspor sepanjang Januari-Desember 2021 dibanding periode yang sama di tahun 2020.

Kemudian, adanya peningkatan jumlah penumpang moda transportasi laut maupun udara. Hal ini dikarenakan, ada kebijakan pelonggaran pembatasan masyarakat, setelah melandainya kasus konfirmasi Covid-19 di Kepri.

Selanjutnya, realisasi belanja pegawai dan belanja barang dan jasa di instansi pemerintah menjelang akhir tahun, juga memberi andil terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri di tahun 2021.

Serta, geliat pembangunan yang dilakukan sepanjang triwulan IV di Provinsi Kepri, juga ikut memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri di tahun 2021.

Adapun, kategori yang memberi andil terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri di tahun 2021 yakni industri pengolahan dengn andil pertumbuhan sebesar 2,62 persen, kategori kontruksi dengan andil 0,86 persen dan kategori informasi dan komunikasi sebesar 0,30 persen.(kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini