Beranda Daerah Bintan

Anggarkan untuk Pangan Rp 200 Juta, Roby Apresiasi Pemdes Ekang Anculai

0
Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan bantuan paket pangan kepada sejumlah warga Desa Ekang Anculai-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Bupati Bintan Roby Kurniawan mengapresiasi Pemerintah Desa (Pemdes) Ekang Anculai, yang menyiapkan ABPDes Rp 200 juta untuk ketahanan pangan warga desanya.

Dukungan anggaran dari Pemdes Ekang Anculai itu, sambung Roby, mampu meningkatkan jumlah kelompok tani, yakni, dari 3 kelompok tahun 2023, menjadi 8 kelompok tani pada tahun 2024 ini.

“Program dari Pemdes Ekang Anculai itu menambah jumlah petani desa, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat di sektor pertanian,” tutur Roby.

Menurut Roby, total APBDes Ekang Anculai tahun 2024 sekitar Rp 4,1 miliar lebih, dengan rincian dari Dana Desa Pusat Rp 1,047 miliar, dan Alokasi Dana Desa APBD Bintan sebesar Rp 1,964 miliar.

Ditambah bagi hasil pajak dan retribusi daerah sekitar Rp 1 milar, lalu ada juga bantuan khusus keuangan (BKK) program gerbang kampung Rp 100 juta.

“Semua anggaran yang dialokasikan itu, untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong,” ujar Roby saat bertemu warga Ekang Anculai, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Roby juga memaparkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bintan di atas angka nasional bahkan Provinsi Kepri, sesuai data yang dirilis oleh BPS tahun 2023.

“Untuk pertumbuhan ekonomi Bintan 6,14 persen, sedangkan Provinsi Kepri 5,20 persen, dan tingkat nasional di angka 5,05 persen,” sebut Roby kepada warga.

Namun pun demikian, sambung Roby, Pemkab Bintan terus berupaya melakukan berbagai inovasi serta kebijakan untuk terus meningkatkan ekonomi Kabupaten Bintan di berbagai aspek pembangunan daerah.

“Alhamdulillah, ekonomi Bintan di atas rata-rata. Tapi kita tidak harus puas di angka itu, kita tetap melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan ekonimi masyarakat Bintan ke depannya,” pungkasnya. (rul)

Baca juga:  Dilantik Bupati Roby, 188 Pejabat Eselon IV Pemkab Bintan Beralih ke Fungsional
example banner

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini