Beranda Daerah Bintan

Ada Agrowisata Baru di Bintan, Pemkab Tawarkan Wisatawan dari Luar Kota

0
Seorang pengunjung sedang melihat budidaya lebah madu kelulut, di Desa Sri Bintan-f/istimewa-disbudpar

BINTAN (HAKA) – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bintan, melakukan pembinaan agrowisata terhadap sejumlah desa di wilayah Bintan sejak tahun 2021 ini.

“Dari kolaborasi dinas pertanian dan disbudpar itu, menghasilkan spot-spot desa wisata baru, yang lagi tren di Bintan saat ini,” ucap Kepala Disbudpar Bintan Wan Rudi Iskandar, Selasa (16/11/2021).

Desa yang berhasil menciptakan agrowisata di antaranya, Ekang Anculai, Desa Pegudang, Teluk Bakau, serta Desa Kelong.

“Masing-masing desa itu memiliki agrowisata baik budidaya ikan maupun hamparan pertanian dan perkebunan yang alamia,” jelasnya.

Wan Rudi menambahkan, bahkan saat ini ada spot desa wisata baru lagi yakni, di Desa Sri Bintan, dengan konsep wisata edu wisata bee farm madu Kelulut Gudem.

“Wisatawan yang berkunjung di eduwisata, bisa langsung belajar budidaya lebah madu kelulut, yang dipandu langsung oleh pengelola,” tuturnya.

Selain itu, yang tak kalah menariknya kata Wan Rudi adalah, agrowisata persawahan di Poyotomo, Bintan Buyu.

“Juga ada sawahan Poyotomo, yang sudah ngetren. Di sini sekaligus jual paket wisata poto serta paket nikmat kuliner di saung sawah,” sebutnya.

Di persawahan Poyotomo ini pihak pengelola menawarkan paket promo khusus di hari Sabtu dan Minggu. Yakni, Rp 25 ribu per orang untuk fasilitas free makan, pendopo, berkeliling di hamparan sawah sepuasnya dan free parkiran.

Sedangkan paket eduwisata senilai Rp 35 ribu per orang dengan gratis makan, pendopo, parkiran, didampingi tour guide, serta pengunjung juga bisa panen padi hingga penggilingan, ditambah pancing ikan di sawah.

“Potensi pariwisata berbasis masyarakat mulai tumbuh atas inisiatif warga sendiri. Dan di masa Covid-19 ini sangat bagus karena wisata di alam terbuka,” paparnya.

Ia mengajak, bagi warga luar kota, khususnya dari Batam dan Tanjungpinang maupun daerah lainnya yang suka dengan tempat-tempat wisata agrowisata, dapat berkunjung di desa-desa tersebut.

“Bagi wisatawan Batam dan Tanjungpinang, bisa berlibur akhir pekan bersama keluarga atau rekan-rekan di desa wisata di Bintan,” ajak Rudi. (rul)



example banner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here