Beranda Daerah Bintan

Acara Germas, Debby Maryanti Ingatkan Hidup Sehat untuk Warga Bintan

0
Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Debby Maryanti saat acara orientasi pemberdayaan Germas-f/istimewa

BINTAN (HAKA) – Dinas Kesehatan Pemprov Kepri, menggelar orientasi pemberdayaan masyarakat yang dibingkai dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Kabupaten Bintan, pada Selasa (29/3/2022) pagi.

Kegiatan itu dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Debby Maryanti, asal fraksi Partai Demokrat yang juga dapil Bintan. Adapun para peserta, adalah seluruh kader Posyandu yang ada di wilayah Kabupaten Bintan.

Debby menyampaikan, seluruh komponen masyarakat menginginkan hidup sehat. Namun, masih ada sejumlah masalah terkait dengan hal tersebut.

Untuk itu, kata dia, ini membutuhkan peran serta kader-kader Posyandu untuk terus memberikan inovasi serta kreatifitas kepada warga khususnya di wilayah Bintan.

“Saya berharap para kader Posyandu dapat terus menjalankan peran sebagai agen pendorong perubahan terhadap gaya hidup sehat. Sebagai komitmen bersama dalam memerangi masalah kesehatan di Kabupaten Bintan,” imbaunya.

Selain itu, Debby memberikan tips atau gambaran, bahwa hidup sehat harus dimulai dari internal keluarga serta lingkungan warga sekitar.

“Para orang tua harus mendidik anak-anak dari dini tentang gaya hidup sehat,” tuturnya.

Nah, tentang materi pembahasan orientasi pemberdayaan ini adalah, difokuskan pada pencegahan gizi buruk (stunting) anak pada masa kehamilan ibu hingga melahirkan.

Stunting adalah, masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

“Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni, tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya,” jelas Debby.

Debby kembali mengingatkan, ada beberapa hal Germas yang harus dilakukan oleh masyarakat. Di antaranya biasakan beraktivitas fisik, makan dengan makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan, serta sayur mayur dan daging segar.

“Melakukan cek kesehatan berkala, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi hidup sehat dan peningkatan perilaku hidup sehat,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, juga dihadiri oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Pemprov Kepri Budi Hartanto, serta Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Pemprov Kepri Dokter Indrike Caesaria. (rul)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini