Beranda Headline

45 Anggota DPRD Kepri dan 10 Pejabat Dapat iPad Seharga Rp 15 Juta Per Orang

0
Anggota DPRD Kepri saat melaksanakan sidang paripurna-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Pengadaan iPad yang dilakukan Setwan Kepri yang menghabiskan anggaran Rp 1,2 miliar di tahun anggaran 2021 lalu, ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi anggota DPRD Provinsi Kepri.

Namun, seluruh pejabat mulai dari eselon II (Sekwan), eselon III (Kabag) dan para kasubbag di lingkungan Setwan Kepri juga, ikut menikmati fasilitas tersebut.

Menurut Kabag Umum dan Humas Protokol Setwan Kepri, Isnaini Bayu Wibowo, dalam pengadaan, jumlah iPad yang dibeli sebanyak 56 unit.

Dari jumlah itu 45 unit diberikan ke seluruh anggota DPRD Provinsi Kepri. Sedangkan sisanya, yakni 11 unit, diperuntukkan bagi 10 pejabat di Setwan Kepri. 1 unit lagi dipegang oleh pejabat pemegang barang.

“Sampai saat ini mereka (pejabat Setwan) sudah pegang semuanya. Termasuk saya,” katanya, kepada hariankepri.com, Minggu (19/6/2022).

Dijelaskannya, pengadaan iPad tersebut menggunakan sistem lelang cepat. Sedangkan perusahaan yang memenangkan tender ini merupakan perusahaan yang berada di Jakarta.

“Harganya itu kalau dari harga distributor per unitnya Rp 15,9 juta,” jelasnya.

iPad itu sendiri sambungnya, sifatnya adalah pinjam pakai, bukan menjadi hak milik anggota DPRD ataupun pejabat di lingkungan Setwan Kepri.

Sehingga, apabila nantinya periode anggota DPRD Kepri saat ini telah berakhir, maka, iPad tersebut wajib dikembalikan.

Sama halnya dengan para pejabat yang menerima iPad itu, juga wajib mengembalikan apabila sudah tidak lagi bertugas di Setwan Kepri.

“iPad ini sifatnya pinjam pakai, kalau anggota dewan sudah habis periodenya harus dikembalikan. Karena inikan belanja modal, makanya ada berita acaranya,” tuturnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Provinsi Kepri di tahun 2022 ini mendapatkan fasilitas baru berupa iPad Pro 11 yang pengadaannya dilakukan pada APBD P tahun 2021 lalu.

Berdasarkan data yang dirangkum hariankepri.com dari laman LPSE dan SIRUP yang diakses pada Jumat (17/6/2022), pengadaan iPad tersebut menggunakan pagu APBD Kepri sebesar Rp. 1.202.983.320.

Sedangkan volume atau jumlah iPad yang dibeli yaitu sebanyak 56 unit dengan spesifikasi berupa Tablet Pc iPad Pro 11″ Wi-Fi + Cellular 2020 128GB.

Isnaini menambahkan, pengadaan iPad untuk 45 anggota DPRD tersebut merupakan usulan dari anggota DPRD Kepri yang bertujuan untuk menunjang kinerja para wakil rakyat tersebut.

“Ini untuk penunjang kinerja, karena selama inikan dewan selalu bawa berkas kemana-mana. Jadi ini aspirasi dewan saat kita rapat bersama dengan dewan soal kebutuhan dewan dan kita lihat memang sudah waktunya,” tukasnya. (kar)



TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini