YKI Kepri dan Kejaksaan Tinggi Kepri Gelar Pemeriksaan Kanker Gratis

example banner

TANJUNGPINANG (HAKA) – Ketua Umum YKI Kepri, Hj. Noor Lizah Nurdin mengatakan pemeriksaan dini kanker serviks dan kanker payudara menjadi program utama YKI. Dengan melakukan deteksi dini jumlah penderita kanker bisa ditekan.

Hal ini disampaikan Noor Lizah dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan pemeriksaan kanker serviks dan kanker payudara gratis kerjasama YKI Kepri dengan Kejaksaan Tinggi Kepri dalam rangka peringatan Hari Bhakti Adhiyaksa ke-57 dan HUT ke-17 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Kamis (20/7) di Rumah Sakit Umum Provinsi.

“Pengenalan dini kanker serviks dan kanker payudara sangat penting dilakukan untuk mencegah kasus baru. Upaya pencegahan dan deteksi dini juga akan mudah dilakukan apabila masyarakat sudah paham faktor resiko dan gejala kanker,” ungkap Ketua Umum YKI Kepri yang juga Istri Gubernur Kepri.

Noor Lizah memaparkan dari angka kejadian di Provinsi Kepri, data hasil pemeriksaan IVA (kanker serviks) dan papsmear (untuk payudara) pada tahun 2016 dari 3.360 orang yang mengikuti pemeriksaan, ada sekitar 42 orang yang terserang kanker serviks. Sementara untuk Tahun 2017 hingga bulan Mei 2017 dari 1.246 orang yang melakukan pemeriksaan, ada sekitar 14 orang yang terserang kanker serviks.(zul)

 

author

Author: 

Tinggalkan Balasan