Target Satu Desa Satu Penyuluh

Kegiatan sosialisasi penyuluh pertanian

NATUNA (HAKA) – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Natuna Tengku Fauzan Tambusai, mengatakan pihaknya berupaya agar Natuna ke depan memiliki penyuluh pertanian.

Di Indonesia penyuluh pertanian bisa dikatakan sangat minim, untuk itu dengan keinginan yang kuat semoga pertanian di Natuna akan bangkit.

“Kita berharap seluruh desa bisa memiliki satu penyuluh pertanian,” ujar Fauzan usai membuka sosialisasi peraturan Bupati Natuna Nomor 45 tahun 2017 tentang pedoman penumbuhan penyuluh pertanian swadaya, di aula kantor Kecamatan Bunguran Timur Laut. Senin (23/10/207).

Dikatakan Fauzan, pihaknya akan membentuk Balai Penyuluh Pertanian (BPP) tingkat kecamatan, yang diisi oleh PNS fungsional dengan pelatihan dan bersertifikat.

Adanya BPP ini, diharapkan bisa menciptakan penyuluh yang bisa ditempatkan di setiap desa yang ada di Natuna.

“Lalu mereka nanti sebagai koordinator dari seluruh Penyuluh Pertanian Swadaya yang tersebar di setiap desa nantinya,” paparnya.

Ke depan Fauzan berharap, dengan adanya penyuluh tersebut bisa mengangkat produk-produk unggulan yg ada di desa dan bisa menciptakan satu kawasan terpadu pertanian. (fer)

Rate this article!

Tinggalkan Balasan