Beranda Daerah Batam

Tak Mau Tampung Lama-lama, Isdianto Perintahkan TKI Langsung Dipulangkan

0
Plt Gubernur Kepri Isdianto memimpin rapat bersama FKPD membahas penanganan Covid-19 dan pemulangan TKI di Graha Kepri, Batam, Kamis (26/3/2020)-f/istimewa-humas pemprov

BATAM (HAKA) – Pemprov Kepri memastikan, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dikembalikan dari Malaysia melalui Kepri, untuk langsung dipulangkan ke daerah asal. Demikian ditegaskan Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

Menurutnya, keputusan ini diambil, karena Pemprov Kepri tak ingin ada penumpukan massa dalam jumlah besar, ditambah lagi keterbatasan daerah dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Sudah ada yang dipulangkan. Saya juga telah berkoordinasi dengan Kemendagri dan Konsulat Jendral RI di Johor Baru,” kata Isdianto saat memimpin rapat terbatas di Graha Kepri, Batam, Kamis (26/3/2020).

Isdianto menegaskan, kemendagri sudah berkomunikasi ke Gubernur Riau untuk membuka kembali jalur laut dari Kepri. Jika pelabuhan ke Dumai, Bengkalis sudah dibuka, pemulangan secepatnya dilakukan.

Sebelum ini, kata Isdianto, Pemprov Riau menutup semua kapal yang datang dari Kepri. Karena itu, TKI yang berasal dari Riau belum bisa dikembalikan ke daerah asal.

“Kita akan cocokkan kedatangan TKI dari luar negeri dan kepulangan langsung ke daerah asal mereka,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Isdianto juga meminta kepada seluruh bupati dan wali kota, agar berkoordinasi dengan KSOP dan Custom Immigration Quarantine Port (CIQP), untuk mengatur jadwal kapal dari Malaysia, dan jadwal keberangkatan kapal ke provinsi lain. Supaya nanti tidak terjadi penumpukan TKI di Kepulauan Riau.

“Prosedur penerimaan pemulangan TKI tersebut tetap mengacu kepada protokol Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tukasnya. (kar/humas pemprov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here