Beranda Daerah Anambas

Rp 14 M Buat Bangun Puskesmas dan Alkes

0
Herianto

ANAMBAS (HAKA)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas, akan membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dengan anggaran sekitar Rp 8 miliar dan pengadaan alat kesehatan (alkes) sebesar RP 6 miliar. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto.

“Dana tersebut bukan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), tapi dari pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi yang totalnya mencapai Rp 14 miliar,” paparnya.

Ia menjelaskan, DAK Afirmasi ini diberikan khusus kepada daerah kepulauan yang tertinggal dan terluar. Bantuan DAK ini sangat membantu daerah Anambas, khususnya untuk kepentingan masyarakat. Apalagi Anambas mengalami kekurangan anggaran di beberapa tahun terakhir.

Herianto menerangkan, bantuan DAK dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), akan dikucurkan secara bertahap. Pemerintah pusat juga sangat serius memperhatikan Anambas dalam memenuhi kebutuhan bidang kesehatan.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendapatkan kucuran anggaran, demi pembangunan fasilitas yang dibutuhkan di bidang kesehatan terutama terkait sarana dan prasarana,” tegasnya. (fri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here