Punya 2 Ribu Pulau, Jadi Alasan 500 Pemuda Jelajahi Kepri

example banner

Pelepasan Jelajah Kapal Kepahlawanan (JKK) tahun 2019 di Dermaga Fasharkan Mentigi, Tanjunguban, Bintan (23/10/2019)-f/masrun-hariankepri.com

BINTAN (HAKA) – Sebanyak 500 orang pemuda dari Provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Papua dan beberapa pemuda provinsi lainnya, berjelajah kepahlawanan di Perairan Pulau-pulau Kepri dengan menggunakan KRI Banda Aceh-593, mulai Rabu (23/10/2019) hingga Jumat (25/10/2019).

Ratusan peserta itu start dari Dermaga Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) Mentigi, Tanjunguban, Bintan.

Kepada wartawan, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Kemensos RI, Arif Nahari menerangkan, 500 peserta ini terdiri dari pelajar, mahasiswa, karang taruna, organisasi pramuka, pekerja sosial kemasyarakatan hingga Tagana.

Kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan (JKK) tahun 2019 ini, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Indonesia dengan tema Aku Pahlawan Masa Kini.

Hal itu bertujuan sebagai wadah transformasi budaya, untuk membangun mindset nilai-nilai perjuangan, kesatuan.

Arif menambahkan, program Kemensos RI tahun ini diadakan di Provinsi Kepri, sebelumnya Surabaya dan Sulawesi. Untuk tahun keempat akan diadakan di Maluku atau Papua.

“Karena Kepri memiliki lebih dari 2 ribuan an pulau dan merupakan pintu gerbang Indonesia bagian barat, berbatasan dengan negara-negara tetangga dan merupakan jalur transportasi internasional laut, udara yang strategis,” jelasnya.

Selain itu, Kepulauan Riau merupakan cerminan Indonesia sebagai daerah kepulauan. (rul)

author

Author: 

Tinggalkan Balasan