Pola Hapus Jabatan Beda dengan Pusat, Isdianto: Tergantung Daerah

example banner

Plt Gubernur Kepri, Isdianto-f/zulfikar-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Plt Gubernur Kepri Isdianto menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kepri tidak terlalu khawatir, dengan pemangkasan pejabat eselon yang saat ini prosesnya tengah berjalan.

Menurutnya, pola pemangkasan pejabat antara pemerintah pusat dan daerah berbeda. Hal itu kata dia, berdasarkan hasil pertemuan antara presiden dan seluruh gubernur di Istana Negara pekan lalu.

“Waktu rapat dengan gubernur seluruh Indonesia, beliau (Presiden Jokowi,red) menyampaikan untuk pemangkasan pejabat itu terpulang kepada daerah masing-masing,” sebutnya, Jumat (15/11/2019) kemarin.

Alasan mendasar yang membuat pola pemangkasan pejabat eselon III dan IV di daerah dan kementerian berbeda, terkait dengan fungsi serta tugas pejabat tersebut selama ini.

Di daerah, hampir seluruh pejabat itu betugas di sektor pelayanan dan teknis. Sehingga, jika ikut dipangkas tentu akan berdampak pada pelayanan ke masyarakat.

“Kalau di Kementerian mau dihapus semua tak menjadi soal. Kalau daerah tentu tidak bisa,” tuturnya.

Adapun pola pemangkasan yang mungkin akan diterapkan untuk pemerintah daerah, yakni dengan memangkas beberapa jabatan eselon di OPD yang selama ini perannya tidak terlalu krusial.

“Jadi kita tidak akan pukul rata. Kita akan melihat jabatan mana yang layak dihapuskan,” pungkasnya.(kar)

example banner
Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan