Beranda Headline

Pemkab Mulai Antisipasi Perpecahan

0
Kasubbag Humas Setdakab Lingga Sabirin

LINGGA (HAKA) – Pemkab Lingga akan menggaktifkan peran kehumasan hingga ke tingjat desa. Hal ini dilakukan untuk menanggani isu penyebab perpecahan dan mempercepat penyampian informasi untuk pembangunan. Hal ini disampaikan Kasubag Humas Sekertariat Pemkab Lingga, Sabirin saat rapat koordinasi kehumasan bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Kominfo dan Humas Setda, camat, lurah serta para kades di aula kantor Bupati Lingga, Kamis (26/1/2017).

“Sekarang ini banyak isu-isu yang mengandung provokasi beredar di tengah masyarakat Lingga. Informasi seperti itu cenderung dimanfaatkan oleh orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat kita,” kata Sabirin.

Ia menyampaikan, bahwa Bupati Lingga, Alias Wello juga meminta Kominfo Humas dan Bakesbangpol dapat berkoordinasi hingga ke pemerintahan desa. Hal ini untuk menghindari kesalahan penafsiran yang memicu perpecahan dari informasi yang diperoleh masyarakat di berbagai media saat ini.

“Gara-gara informasi sedikit saja yang berbeda, dapat melahirkan berbagai macam penafsiran. Ini memicu perpecahan di tengah masyarakat kita. Perlu antisipasi cepat,” sebutnya.

Lebih jauh dikatakan, dengan efektifnya kerja kehumasan di tiap lini pemerintahan akan mempermudah pemerintah mengantisipasi isu-isu radikalisme dan gangguan nilai-nilai nasionalis di tiap lapisan masyarakat Kabupaten Lingga.

Kaban Kesbangpol Lingga tersebut juga mengajak jajaran pemerintah tingkat kecamatan, kelurahan dan desa untuk mengaktifkan forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM), guna mengantisipasi penyebaran informasi dan ajaran-ajaran sesat yang berpotensi menyerang masyarakat Lingga.

“Kami memiliki banyak sekali wadah penyampaian informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyebaran informasi yang kredibel. Penyebarannya bisa melalui media cetak, online, radio lokal, maupun radio nasional,” imbuhnya. (ana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here