Noor Lizah Ingin Tagana Kepri Pelajari Cara KSB Mahameru Malang

example banner

Foto bersama Bunda Tagana Kepri Noor Lizah Nurdin dan rombongan dengan KSB Mahameru, Malang, Jatim-f/zulfan-hariankepri.com

MALANG (HAKA) – Selaku Bunda Tagana Kepri, Noor Lizah Nurdin memimpin rombongan Tagana Kepri menyambangi Kampung Siaga Bencana (KSB) Mahameru, di Jalan Raya Coban Pelangi, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Rabu (10/4/2019) malam.

example banner

Sebagaimana diketahui, KSB Mahameru ini, salah satu percontohan KSB se-Indonesia. Dijadikan percontohan, selain aktif, KSB ini juga mampu melibatkan masyarakat secara langsung dalam menangani bencana.

Ketua KSB Mahameru, Mualifah mengatakan, KSB ini terbentuk sejak tahun 2017 silam, dengan jumlah anggota pengurus sebanyak 60 orang, dan mayoritas perempuan.

“Walaupun banyak perempuan, kami selalu sigap dan tanggap dalam menangani bencana. Sudah banyak kegiatan dilakukan dan berperan aktif dengan melibatkan masyarakat,” ungkapnya.

KSB Mahameru, sambungnya, juga sangat jarang meminta bantuan dana kepada pemerintah, melainkan lebih sering menggunakan uang pribadi dan donasi.

Sementara itu, Bunda Tagana Kepri, Noor Lizah Nurdin mengatakan, bahwa berkunjung ke daerah KSB Mahameru ini untuk mencari ilmu.

“Kami mau melihat cara kerja Tagana dan KSB di sini, cara gotong royong, membantu korban bencana serta cara melibatkan masyarakat yang mampu menolong ketika adanya bencana,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada rombongan Tagana Kepri yang ikut dalam kunjungan tersebut, agar bisa memanfaatkan waktu sesingkat ini.

“Ketika berkunjung, langsung komunikasi, apa yang pingin dipelajari,” tegasnya di depan Tagana Kepri.

Nah, ketika sudah menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya, sehingga bisa diterapkan ke anggota Tagana yang ada di Kepri.

Meskipun begitu, ia juga berpesan kepada Tagana Jatim, apabila terjadinya bencana, maka Tagana Kepri bersedia membantu.

“Bukan kita meminta bencana datang, tapi kalau di daerah sini ada bencana, kami siap bantu, karena saya anggap kita ini sudah bersaudara dan juga sambil belajar,” pungkasnya.

Ikut hadir dalam kunjungan ini Kadissos Kepri, Doli Boniara, Kabid Linjamsos, Hanizar, Kasi Perlindungan Bencana Alam, Yeni Ardianti serta beberapa ketua dan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang ada di kabupaten/kota Kepri.(zul)

Tags:
author

Author: 

Tinggalkan Balasan