Luhut Datang, Nurdin Bakal Tagih Janji Pembangunan Jembatan Babin

banner 1140x147

Gubernur Kepri Nurdin Basirun

TANJUNGPINANG (HAKA) – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (15/1/2019).

banner 300x250

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, kunjungan Kepala Staf Kepresidenan periode 2014-2015 itu bakal dimanfaatkannya untuk menagih janji, sejumlah proyek strategis Pemprov Kepri oleh Pemerintah Pusat. Salah satunya pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin).

“Pokoknya kalau ada menteri datang kita dekati terus dan ingatkan. Biar mereka tak lupa lapor ke Presiden,” ujarnya yang ditemui usai Safari Subuh di Masjid Al Ihsan, Km 8.

Menurutnya, kunjungan Menko Bidang Maritim itu ke Provinsi Kepri kali terbilang cukup spesial.

Sebab, Luhut akan melakukan peninjauan ke PT Bintan Aviation Investmen salah saru industri yang ada di Lobam, Kabupaten Bintan.

Lokasi tersebut ujarnya, tidak terlalu jauh dengan Bandara Busung yang sekarang dalam tahap pembangunan. Hal tersebut kata dia, tentu dapat menjadi daya jual bagi Kepri agar Pemerintah Pusat dapat segera memulai tahapan pembangunan Jembatan Babin.

“Kan kalau Pak Luhut lihat Bandara Busung yang lokasinya dekat dengan kawasan industri itu tentu jadi satu keunggulan bagi kita. Apalagi kalau Jembatan Babin sudah dibangun, investor pasti banyak yang tertarik. Kepri juga ke depannya akan menjadi semakin hebat,” sebutnya.

Selain itu imbuhnya, bila pembangunan Jembatan Babin itu sudah terwujud, Nurdin memprediksi akan semakin menggenjot kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik ke Pulau Bintan.

Saat ini saja sebutnya, Kabupaten Bintan menjadi salah satu daerah penyumbang wisatawan terbanyak untuk Kepri.

Mengenai rencana pembangunan Jembatan Babin. Nurdin menyebut, Pemerintah Pusat tetap berkomitmen akan membangun Jembatan Babin di 2019. Namun, ia belum mendapatkan kepastian kapan tahapan pembangunan itu akan dimulai.

“Pusat tetap (komitmen) untuk membangun di 2019. Paling lambat mungkin setelah Pilpres. Tapi ini tetap akan kita kejar terus,” pungkasnya.

Berdasarkan jadwal yang diperoleh hariankepri.com. Sebelum melakukan kunjungan ke PT Bintan Aviation Investmen, Menko Bidang Maritim terlebih dahulu dijadwalkan akan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengembangan dan pembangunan kedirgantaraan di Kota Batam.

Usai melakukan kunjungan ke Lobam. Menko Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan juga dijadwalkan akan menghadiri penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Penertiban Nasional Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera sekaligus menyaksikan ekspos hasil penindakan oleh Bea dan Cukai di Kantor Pelayanan Utama Bea Dan Cukai dan Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam.

Sejumlah pejabat Pemerintah Pusat juga dijadwalkan turut serta dalam kujungan Menko Bidang Maritim. Yakni, Kapolri Jendral Tito Karnavian, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua KPK Agus Rahardjo, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.(kar)

banner 468x60
author

Author: 

Tinggalkan Balasan