Beranda Daerah Tanjungpinang

Lis: Bangsa Melayu adalah Bangsa yang Besar dan Berderajat Tinggi

0
Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH, mengatakan Pemko Tanjungpinang terus berupaya melestarikan adat istiadat dan budaya Melayu. Salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan tata cara berpakaian pada hari Jumat, yang mewajibkan para ASN mengenakan pakaian Melayu lengkap memakai tanjak.

Namun, ketika surat edaran sudah dikeluarkan dan diterapkan beberapa minggu, muncul pendapat bahwa pemakaian tanjak ada etika sesuai jabatannya. Hal seperti ini seharusnya perlu dipelajari kembali, agar sama-sama paham akan adat istiadat dan budaya yang sebenarnya.

“Tanpa kita sadari, sudah banyak kita meninggalkan adat istiadat sendiri, menjaga dan melestarikannya sudah menjadi tanggung jawab kita bersama. Sebagai anak Melayu, kita punya tanggung jawab untuk melestarikan adat istiadat dan budaya yang kita miliki di kota ini,” kata Lis, di peluncuran portal www.jantungmelayu.com, di TIC Gedung Gonggong Taman Laman Boenda Tepi Laut, Sabtu (11/3/2017).

Peluncuran portal online itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Tengku Said Arif Fadillah. Acara itu turut dihadiri, Wakil Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul SPd, Rektor Umrah, dan lain-lain.

Lis, menambahkan untuk menanamkan sejarah ke dalam pikiran anak-anak, perlu inovasi sesuai dengan perkembangan zaman anak-anak saat ini. Misalnya sebuah gambaran sejarah Pulau Penyengat disajikan dalam bentuk komik dengan alur cerita dan gambar yang menarik.

Lis berharap, media ini bisa menjadi inspirasi mengembalikan sejarah, adat istiadat dan budaya Melayu ke dalam roh masyarakat Kota Tanjungpinang dan Provinsi Kepri. Bangsa Melayu adalah bangsa yang besar yang memiliki derajat yang cukup tinggi yang sudah ada sejak zaman dahulu. (red/humas pemko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here