Kanker Serviks Urutan Pertama yang Menyerang Perempuan

banner 1140x147

Narasumber Sosialisasi pencegahan Kanker Serviks Kadukkes Lettu Kes dr Putu Karisma saat memberikan pemaparan

NATUNA (HAKA) – Salah satu penyakit yang rawan menyerang kaum perempuan adalah kanker serviks. Untuk itu semua perempuan diusahakan dapat mengetahui lebih jelas tentang kanker itu. Sekaligus, mengetahui gejalanya sejak awal sekali.

banner 300x250

Upaya sosialisasi itulah yang digelar oleh PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud Raden Sadjad, yang dipimpin ketuanya Mega Nurtantio Affan, di Gedung Cakrawala, Ranai, kemarin.

Menurutnya, pengetahuan tentang bahayanya kanker serviks harus diketahui oleh seluruh kaum perempuan. Khususnya, bagi ibu-ibu Lanud Raden Sadjad. Dia berharap dengan sosialisasi tersebut, ibu-ibu di Lanud Raden Sadjad jadi mengetahui gejala dan penyakit yang berkaitan dengan reproduksi wanita, khususnya kanker serviks.

“Makanya kita ingin para ibu-ibu dapat melakukan pencegahan secara dini. Baik secara primer, sekunder ataupun tersier,” katanya.

Sosialisasi itu mengundang narasumber Kadukkes Lettu Kes dr. I Putu Karisma. Disampaikannya, di Indonesia seluruh kanker yang ada pada wanita urutan yang pertama adalah kanker serviks.

“Bahayanya sekarang ini, sudah ada yang terkena kanker serviks itu sebesar 34 persen. Ini menjadi tantangan kita untuk bisa mencegahnya dari sekarang. Sejauh ini yang berobat adalah rata-rata sudah mencapai stadium lanjut,” jelas dr. Putu.

Lebih lanjut dr. Putu mengatakan hampir sebagian wanita di seluruh Indonesia sampai saat ini belum sepenuhnya sadar tentang kesehatan reproduksinya. Karena bahayanya kanker serviks ini sangat rentan sekali terserang kepada kaum perempuan. (fer)

banner 468x60
author

Author: 

Tinggalkan Balasan