Beranda Headline

Ekonomi Terpuruk, Solusi Pemprov Harus Belanjakan APBD

0
Dagangan di Pasar Baru Tanjungpinang

TANJUNGPINANG (HAKA) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah di Provinsi Kepri. Hal ini dilakukan, sebagai upaya untuk memulihkan performa pertumbuhan ekonomi Kepri yang kini dalam kondisi terpuruk.

“Solusi untuk memulihkan perekonomian kita dari Disperindag sendiri akan mendorong pergerakan industri kecil dan menengah itu untuk terus tumbuh,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri, Burhanuddin.

Alasannya, kata dia dengan tumbuhnya industri kecil dan menengah secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat. Sebab, masyarakat merupakan pangsa pasar terbesar untuk hasil produksi dari industri tersebut.

“Karena faktor konsumsi masyarakat sangat mempengaruhi pergerakan ekonomi,” sebutnya.

Memang diakui olehnya, industri kecil dan menengah di Provinsi Kepri belum tumbuh secara signifikan. Hal ini kata dia, salah satunya dikarenakan industri tersebut masih kalah bersaing dengan industri berskala besar. ” Inilah yang akan terus kita dorong, agar industri pengolahan (skala kecil,red) yang mampu untuk menggerakkan orang berbelanja dapat terus tumbuh ,” tuturnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya perlu adanya sinergi dari pemerintah kabupaten/kota di Kepri. Selain itu, pemerintah kabupaten/kota di Kepri juga diharapkan dapat membelanjakan kegiatannya dalam APBD yang sasarannya untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Pemerintah sekarang harus membelanjakan kegiatan yang sasarannya untuk menggerakkan ekonomi, karena faktor konsumsi itu mempengaruhi pergerakan ekonomi itu,” tuturnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here