Bupati Apresiasi Penampilan Identitas Masyarakat Melayu

banner 1140x147

 

Bupati dan Wabup saat menyaksikan permainan gasing disela Pawai Taaruf MTQ Bintan

BINTAN (HAKA) – Perhelatan Musabawah Tilawatil Quran

(MTQ) ke VIII tingkat Kabupaten Bintan, resmi dimulai dengan rangkain Pawai Taruf Kafilah dari seluruh kecamatan.

Beragam tampilan kreasi rombongan Kafilah mengitari jantung Kota Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Sabtu (14/4/2018) yang disaksikan oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, dan didampingi Sekda Bintan serta jajaran FKPD Bintan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pawai Taruf diikuti oleh sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Barisan drumband, peserta, majelis taklim, tokoh masyarakat dan seluruh rombongan menjadi perwakilan kafilah tiap Kecamatan.

Ada kafilah yang menampilkan atraksi pencak silat Hulubalang Kerajaan yang merupakan tradisi leluhur Melayu dan telah diwarisi secara turun temurun.

Beberapa pemuda terlihat memainkan Gasing Tempayan dan Gasing Botol sebagai salah satu permainan tradisional masyarakat Melayu.

Apri Sujadi mengungkapkan rasa bangganya melihat gelaran Pawai Taaruf. Menurutnya, kegiatan ini memang dilaksanakan setiap tahun. Akan tetapi ada hal-hal menarik yang menambah meriah rangkain pawai.

“Pencak silat dan permainan gasing itu identitas kita sebagai masyarakat Melayu,” ujarnya.

Pembukaan MTQ sendiri akan dilaksanakan malam ini di astaka utama yang disejalankan dengan peringatan Isra Miraj 1439 Hijriah.(red/humas pemkab bintan)

author

Author: 

Tinggalkan Balasan