Bintan Raih WTP dan Penghargaan Tertinggi dari Kementerian Kesehatan

example banner

Kemenkes RI menyerahkan penghargaan kepada Pemkab Bintan yang diterima Kadis Kesehatan dr Gama Isnaeni

Untuk di tingkat Provinsi Kepri, raihan ini merupakan yang ke 7 kali nya diraih. Sedangkan untuk Tingkat Nasional, Tahun 2017 yang lalu Pemkab Bintan juga mencatatkan penghargaan WTP Tingkat Nasional yang ke-6 kalinya sejak tahun 2011.

Saat itu, penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Bupati Bintan Apri Sujadi, disela pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2017, di Istana Negara, Jakarta.

“Tentunya kita berharap, di tahun 2018 ini, Pemkab Bintan kembali diundang kementerian keuangan guna meraih penghargaan serupa,” harapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bintan Nesar Ahmad, Sekda Bintan Adi Prihantara, Sekwan DPRD, Edi Yusri, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Bintan Wan Rudi Iskandar, Kepala Dinas Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah Kab Bintan Moch Setioso serta Kepala Inspektorat Kabupaten Bintan RM Akib Rachim.

Tidak lama berselang, Pemkab Bintan untuk pertamakalinya mendapatkan penghargaan Pastika Parama 2018.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekjen Kemenkes dr. Untung Suseno Sutardjo, kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr. Gama Isnaini yang mewakili Bupati Bintan di Ruang Aula Siwabessy, Kementerian Kesehatan RI, Jln. HR. Rasuna Said Blok X5 Kav. 4-9 Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018).

Penghargaan ini merupakan salah satu kategori tertinggi dari Kementerian Kesehatan RI, kepada daerah terkait atas komitmen penerapan regulasi dan implementasi kawasan tanpa rokok di beberapa lokasi fasilitas umum masyarakat.

Untuk tahun 2018, hanya 11 daerah se Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut diantaranya Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Bintan, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Lampung Barat, Kota Probolinggo, Kota Lubuk Linggau, Pemerintah Provinsi Bali serta Pemerintah Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr. Gama Isnaini mengatakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan sebuah pengakuan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, terkait upaya dan langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintah daerah, yang telah ikut menyukseskan pembangunan di bidang kesehatan.

“Pemerintah Bintan sangat peduli dengan kesehatan masyarakat, melalui Peraturan Daerah (Perda) di beberapa lokasi,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan bahwa, regulasi terkait kawasan bebas asap rokok merupakan komitmen bahwa pemerintah daerah juga peduli terhadap lingkungan sekitar.

” Beberapa lokasi, khususnya fasilitas umum masyarakat memang kita imbau untuk bebas asap rokok diantaranya perkantoran pemerintahan, yang kita siapkan secara khusus untuk areal merokok,” singkatnya. (adv/red)

author

Author: 

Tinggalkan Balasan