Beranda Headline

Berkah Imlek, Dua Jam Dapat Rp 1 Juta

0
Warga Tionghoa berburu Ikan Dingkis di Jalan Gambir

TANJUNGPINANG (HAKA)- Menjelang perayaan tahun baru (Imlek), yang akan dirayakan pada 28 Januari 2017, harga Ikan Dingkis di sejumlah pasar di Tanjungpinang melonjak drastis.

Seperti harga ikan yang dijual oleh Bujang pedagang ikan di sekitar simpang Jalan Gambir menyampaikan, harga Ikan Dingkis saat ini sudah mencapai Rp 200 ribu per kilogram.

“Harga ikan tersebut sangat bervariasi, seperti ikan yang banyak telur tapi belum terkena batu es harganya Rp 200 ribu. Kalau yang banyak telur tapi yang sudah kena es harganya sekitar Rp 180 ribu, dan ada juga jenis ikan yang ukuran nya agak kecil tapi banyak telur sekitar Rp 150 ribu,” paparnya.

Ikan dingkis ini telah naik sejak tanggal 24 Januari lalu. Sebelumnya ikan ini harganya antara Rp 10 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram.

Diakuinya, berjualan ikan ini pendapatannya lumayan cepat. Baru sekitar dua jam jualan, tapi sudah ada yang beli sekitar 5 kilogram untuk yang harga Rp 200 ribu. Artinya hanya dalam dua jam, Bujang sudah mengantongi Rp 1 juta untuk penjualan Dingkis.

“Orang China lebih suka yang banyak telur, karena ikan yang banyak telur itu sangat heng atau berkah menurut mereka,” imbuhnya.

Asni, seorang pembeli ikan mengutarakan, menurutnya ikan itu sangat dipercaya sebagian warga Tionghoa sebagai pembawa rezeki, sehingga setiap jelang imlek ikan Dingkis jadi favorit dan selalu dicari.

“Yang dicari itu ikan yang banyak telur,” tutupnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here