Beras Warga Miskin Salah Sasaran

Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Anambas

ANAMBAS-Beras Miskin (Raskin) yang sekarang berganti nama menjadi Beras Kesejahteraan (Rasta) dinilai, salah sasaran penerima khususnya untuk wilayah Anambas. Sebab, masih ada warga yang mampu dan menerima rasta tersebut.

“Harusnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat beras rasta ini,” terang Marwan salah seorang warga Jemaja, Anambas.

Untuk itu ia menyarankan, supaya dilakukan survei validasi data mengenai jumlah penerima rasta ini.

Kepala Bidang Penanggulangan Kemiskinan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Anambas Marjuki juga mengakui hal ini.

Menurutnya selama dirinya menjabat sebagai kepala bidang tersebut belum survei karena keterbatasan anggaran.

Oleh karena itu pihaknya masih mengandalkan masyarakat desa untuk memberikan data kemiskinan kepada pemerintah daerah. “Memang perlu adanya validasi,” ungkapnya.

Dari tahun 2009 sampai tahun 2011 masih menggunakan data dari Natuna. Setelah itu baru menggunakan data Anambas sampai sekarang.

Dari data terbaru ini dibagi menjadi dua sumber yakni sumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dari APBN memberikan rastra sebanyak 182.160 kg yang dibagikan kepada 1.012 KPM sementara itu dari APBD sebanyak 396.180 kg yang dibagikan kepada 2.201 KPM. (fri)

Rate this article!

Tinggalkan Balasan