Anambas Membuatmu Lupa Daratan

example banner

Pemandangan bawah Anambas yang bikin lupa daratan

ANAMBAS (HAKA) – Indonesia diberkahi dengan dunia bawah laut yang sangat cantik. Salah satu tempatnya yang mesti kamu datangi, paling tidak sekali seumur hidup adalah Anambas.

Siapa yang tidak mengenal Kepulauan Anambas? kepulauan yang bagian dari Kepri (Kepulauan Riau) ini sudah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia. Khususnya wisata bawah lautnya, karena keberagaman hayati lautan Indonesia. Tercatat ada beberapa jenis Bump Head Fish, Napoleon, beberapa jenis Manta, dan ternyata sering terlihat Whale Shark!

DetikTravel beberapa waktu lalu datang dan menyelami keindahan bawah laut Anambas, operator selam di sana yakni Anambas Dive Center. Salah satu spot diving di yang bisa dikunjungi adalah Pulau berhala, sebagai salah satu lokasi dive site di Anambas dengan batu-batu raksasa menjadi daya tarik tersendiri. Topografi yang unik dari perairan anambas ini membuat bentukan bawah laut menjadi gunung-gunung koral yang komples dan unik.

Anambas ini memiliki semua hal yang para diver inginkan. Mulai dari pecinta big fish, bisa langsung menuju area koral terluar yang berarus kuat. Sedangkan bagi para diver yang berminat menyelam di malam hari, dan menyukai macro photography dimudahkan karena lokasi yang sangat dekat dari penginapan hotel.

Cara menuju ke Anambas

Untuk menuju ke Anambas, diver tidak usah ambil pusing. Karena Maskapai Garuda, Sriwijaya dan Lion air melayani penerbangan setiap hari menuju Tanjung Pinang.

Dari Tanjung Pinang perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan pesawat maskapai Xpress Air dari Tanjung Pinang menuju bandara khusus Matak, dan selanjut setelah tiba di bandara Matak langsung menuju Tarempa dengan menggunakan speedboat selamat lebih kurang 20 menit.

Akomodasi

Akomodasi yang tersedia di Kota Tarempa (ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas) adalah hotal melati dengan kamar AC dan fasilitas Wifi serta tersedia restoran seafood khas tarempa. Saat ini Anambas Dive Center sudah bisa mengakomodir lebih dari 9 diver yang berminat menyelami perairan Anambas.

Konsumsi

Tersedia 3 kali makan pagi, siang dan malam dengan tambahan snack sore dan air botol selama perjalanan menyelam. Makanan pun bervariasi dari menu utama seafood dan pada kondisi tertentu makanan khas lokal Anambas pun seperti udang galah dan ikan napoleon menjadi santapan wajib para diver

Keselamatan

Untuk bagian keselamatan, para diver jangan khawatir karena, Anambas Dive Center sudah bekerjasama dengan rumah sakit terdekat, serta para dive guide lokal handal yang bergabung dalam Yayasan Pecinta Alam Laut Anambas Bahari.

Yuk berkunjung dan bersenang-senang dengan dunia bawah laut di perairan Anambas. Jangan lupa harus sudah punya lisensi menyelam ya, karena keselamatan adalah hal yang paling utama! (red/detik.com)

Rate this article!
author

Author: 

Tinggalkan Balasan