Akibat Sering Bencana, Dinsos Kepri Bangun KSB di Bulang

banner 1140x147

Kepala Dinas Sosial Prov Kepri Doli Boniara, Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Kemensos RI Ni Masjitoh Tri Siswandewi, Kabid Linjamsos Hanizar

BATAM (HAKA) – Dinas Sosial (Dinsos) Kepulauan Riau, melakukan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam.

Pelaksanaan pembentukan KSB ini dilaksanakan dari tanggal 11-13 mei 2018 lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos Kepri Hanizar mengatakan, pembentukan KSB ini sudah yang ke-12 kalinya diadakan di tempat yang berbeda.

“Pertama kali pembentukan KSB ini di Kelurahan Tanjungunggat, Tanjungpinang. Sejak tahun 2010 sampai saat ini sudah ada 12 KSB di Kepri,” katanya kemarin.

Dibentuknya KSB di Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam ini, kata Hanizar, karena di tempat tersebut sering terjadinya bencana alam yaitu puting beliung.

“Informasi dari camat, di daerah itu sering kena puting beliung, makanya Dinsos Kepri langsung membentuk KSB di tempat itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, disaat pembentukan KSB ada 60 orang yang direkrut dari masyarakat setempat untuk bergabung di KSB itu.

“Mereka nantinya akan dilatih oleh pihak terkait untuk mengatasi dan menyikapi apabila terjadinya bencana, salah satunya dilatih oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana),” imbuhnya.

Dalam kegiatan pembentukan KSB itu, langsung diberikan pembekalan materi oleh Kementerian Sosial, Dinsos Kepri dan lainnya.

“Dengan dibentuknya KSB ini semoga KSB setempat dapat membantu dan menyikapi masyarakat yang terkena bencana terutama bencana yang sering terjadi (puting beliung) di tempat itu,” pungkasnya.

Kadis Sosial Doli Boniara yang menjadi salah satu pemateri menjelaskan KSB ini sangat penting sebagai salah satu peran pemerintah dalam penanggulangan bencana. KSB merupakan salah satu solusi tanggap darurat terhadap bencana. Masyarakat dibekali cara-cara penanggulangan dan mengurangi resiko dari bencana yang terjadi. (zul)

author

Author: 

Tinggalkan Balasan