Beranda Headline

Akan Digunakan Pegawai Pemko, Syahrul Luncurkan Batik Gurindam Pusaka

0
Wako Syahrul dan Ketua Dekranasda saat menunjukan satu dari 12 motif batik Gurindam Pusaka-f/zulfan-hariankepri.com

TANJUNGPINANG (HAKA) – Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul meluncurkan 12 motif batik khas Tanjungpinang, Sabtu (14/13/2019) malam di Gedung Gonggong, Taman Laman Boenda Tepi Laut.

12 motif batik tersebut diberi nama Gurindam Pusaka. Demikian disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul.

Adapun nama-nama ke 12 motif itu, yakni motif Gehal, Bunga Tanjung Buah Pinang, Daun Sepulih, Daun Sirih, Kalam Bulu Merak, Bukhul Perenjis Tepung Tawar, Daun Sedingin, Padi, Resam, Daun Ati-ati, Daun kelapa dan Daun Gandarusa.

Menurutnya, proses pemilihan motif ini telah melibatkan stakeholder-stakeholder terkait, seperti Lembaga Adat Melayu (LAM) Tanjungpinang, Dewan Kesenian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanjungpinang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang.

“Saya harap ke 12 motif yang telah diluncurkan ini dapat menjadi ragam pilihan motif batik yang sudah ada, seperti batik gonggong, kemunting dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengapresiasi peluncuran 12 motif batik yang dihelat oleh Dekranasda Tanjungpinang ini.

Ia juga berharap, agar batik ini bisa digunakan oleh seluruh pegawai yang ada di Pemko Tanjungpinang.

“Insya Allah 2020 para PNS sudah bisa menggunakan batik ini, termasuk sekolah-sekolah,” tukasnya. (zul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here